Warna Pembakaran dan Temperatur Proses Tempa

 artikel, Fabrikasi
loading...

Proses pemanasan benda kerja untuk penempaan ini kisaran warna pembakaran yang mucul adalah warna merah jingga atau orange. Setelah warna ini muncul pada bagian benda yang akan ditempa selanjutnya benda kerja diangkat dengan menggunakan smeed tang. Smeed tang ini berguna untuk memegang benda kerja dalam keadaan panas. Selanjutnya benda kerja diletakkan pada landasan dan dilakukan proses penempaan dengan membentuk benda kerja sesuai dengan gambar atau bentuk yang diinginkan. Proses penempaan dilakukan secara berulang-ulang. Artinya proses penempaan tidak bisa dilakukan sekaligus, sebab pada saat proses.

Screenshot_1

penempaan berlangsung benda kerja akan mulai mengalami pendinginan sehingga setelah benda dingin dengan penandaan perobahan warna benda yang menghitam kembali. Benda kerja dibakar kembali sampai berwarna orange. Selanjutnya dilakukan pembentukan kembali. Begitulah seterus-nya sampai benda kerja mencapai bentuk yang dinginkan sesuai dengan gambar kerja.

Kesulitan yang sering muncul pada proses pengerjaan tempa ini adalah proses penandaan benda kerja sebelum dipanaskan. Sebab akibat proses pembakaran benda kerja akan mengalami perobahan warna dan tanda yang diberikan pada benda kerja tidak terlihat. Di samping itu pembentukan tempa secara manual ini memunyai akurasi pengerjaan yang rendah. Pengalaman kerja akan dikuti dengan peningkatan akurasi pekerjaan yang lebih baik.

Author: 

No Responses

Comments are closed.