Turbin gas dua poros terpusat

 artikel
loading...

Screenshot_81

Pada gambar di atas adalah sebuah bagan turbin gas dengan dua poros. Turbin gas jenis ini banyak dipakai pada turbin gas pesawat terbang dengan fan (TURBOFAN). Udara dimampatkan tiga kali yaitu di fan, kompresor tekanan rendah dan kompresor tekanan tinggi. Untuk fan dan kompresor tekanan rendah digerakan oleh turbin tekanan rendah dengan poros di dalam anulus poros pertama. Sedangkan kompresor tekanan tinggi digerakan turbin tekanan tinggi. Pengatur poros dengan tugasnya masing-masing bertujuan untuk memperoleh tingkat putaran yang berbeda antara bagian penggerak kompresor tekana tinggi dengan penghasil gaya dorong yaitu fan. Turbin gas ini digunakan untuk menghasilkan gaya dorong yang besar pada pesawat terbang.

Klasifikasi turbin gas yang sudah diuraikan di atas adalah turbin gas standar tanpa ada modifikasi dengan kinerja yang minimal. Ada beberapa metode untuk memperbaiki kinerja dari tubin gas, yaitu dengan melihat beberapa kemungkinan-kemungkinan, dari segi konstruksinya maupun dari segi proses kerjanya. Sebagai contoh, yaitu penambahan alat untuk memanfaatkan temperatur gas buang dari turbin yang masih tinggi. Untuk memahami kinerja dari turbin gas secara kwantitatif dapat menggunkan konsep dasar, yaitu konsep efisiensi.

Pemakaian turbin gas banyak menguntungkan sebagai pengganti sumber penggerak lain, seperti yang sudah diuraikan di atas, yaitu turbin gas bentuknya lebih simpel dan tidak banyak memakan tempat. Kalau dibandingkan dengan turbin uap, turbin gas lebih mudah dioperasikan, mudah dikendalikan dan instalasinya lebih sederhana. Akan tetapi, secara aktual efisiensi turbin gas masih rendah.

Author: 

No Responses

Comments are closed.