Tujuan Mempelajari Metrologi Industri

 artikel
loading...

Mengapa metrologi industri harus dipelajari, khususnya bagi mereka yang bergerak di bidang industri? Mempelajari sesuatu tentu saja ada tujuan yang ingin dicapai. Demikian juga dengan belajar metrologi industri. Secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan mempelajari industri idealnya adalah menguasai seluk-beluk pengukuran sehingga bila di aplikasikan dibidang perindustrian akan diperoleh hasil/produk yang presisi dengan biaya yang semurah mungkin. Memang untuk memperoleh hasil yang ideal tidak mungkin seratus prosen dicapai. Akan tetapi, dengan dikuasainya seluk beluk pengukuran maka paling tidak sistem kerja industri yang efektif dan efisien bisa dipenuhi. Secara rinci

dapat juga dikemukakan disini bahwa tujuan mempelajari metrologi industri adalah:

  1. Dapat mengelola laboratorium pengukuran baik yang ada di industri maupun dibengkel kerja pada pendidikan ketrampilan teknik.
  2. Dapat menggunakan dan membaca skala alat-alat ukur dengan tepat dan benar.
  3. Dapat menentukan dan memilih alat-alat ukur yang tepat sesuai dengan bentuk dari obyek yang akan diukur.
  4. Dapat mengkalibrasi dan memelihara alat-alat ukur sehingga alatalat ukur tetap terjamin ketepatannya bila digunakan untuk pengukuran.
  5. Memiliki pengetahuan tentang sumber-sumber penyimpangan pengukuran dan dapat menentukan bagaimana caranya mengurangi seminimal mungkin penyimpangan tersebut.
  6. Dapat merendahkan biaya inspeksi semurah mungkin dengan penggunaan fasilitas yang ada secara efektif dan efisien.
  7. Dengan menguasai pengetahuan tentang kontrol kualitas, maka dapat membantu peningkatan produktifitas hasil kerja, baik hasil kerja dibidang pendidikan ketrampilan teknik maupun dibidang peridustrian.

Author: 

No Responses

Comments are closed.