Temperature Regulator atau Thermostat

 artikel, Fabrikasi
loading...

Jika overheating terjadi karena aliran yang terhambat ada beberapa cara untuk mengetahui penyebabnya. Pertama periksalah kondisi komponen thermostat. Temperatur pembukaan dari thermostat dapat diketahui tanpa harus melepas thermostat dari engine. Tetapi untuk memeriksa thermostat secara keseluruhan harus dilepas dari engine. Temperatur pembukaan (opening temperature) dari thermostat adalah temperatur saat thermostat pertama kali mulai membuka.

Thermostat

Temperatur saat engine hidup (running temperature) adalah temperatur saat thermostat telah membuka penuh dan nilai temperaturnya lebih tinggi dari opening temperature. Untuk memeriksa temperatur pembukaan thermostat di dalam system dengan cara pasanglah thermistor probe pada sisi outlet water pump dan pasanglah juga thermistor probe pada thermostat housing.

Hidupkan engine kemudian lihat temperatur pada sisi outlet water pump. Ketika temperatur kerja belum tercapai coolant akan mengalir ke saluran bypass dan tidak mengalir ke radiator. Temperatur coolant akan terus meningkat sampai temperatur kerja operasi tercapai kemudian temperatur akan stabil. Temperatur tersebut merupakan temperature pembukaan thermostat dan temperaturnya harus tidak lebih dari 1° atau 2°C dari spesifikasi saat terbuka penuh.

Untuk memastikan thermostat dapat di lepas dari engine kemudian lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap thermostat sesuai dengan prosedur dan spesifikasi yang ada pada Service Manual. Setelah melakukan pengetesan jika thermostat tidak memenuhi spesifikasi gantilah dengan yang baru.

Author: 

No Responses

Comments are closed.