Tempa Menggunakan Die Cetakkan

 Uncategorized
loading...

Pengerjaan tempa dapat juga dilakukan dengan menggunakan  cetakkan atau die . Penggunaan cetakan ini dilakukan pada mesin  hammer untuk pembuatan berbagai macam produk tempa. Pada  dasarnya pengerjaan tempa dengan menggunakan die dapat  diketahui dengan meletakkan benda kerja dalam keadaan panas  diantara kedua die atas dan bawah, selanjutnya die  ditekan dengan hammer. Sampai kedua die atas dan bawah  merapat. Pembentukan dengan teknik ini sangat menguntungkan  apabila profil produk yang dihasilkan mempunyai bentuk kombinasi  dan dapat di produksi dalam jumlah besar.

Untuk menghasilkan suatu produksi yang baik dan memenuhi  standar pada proses tempa ini dilakukan dengan menghitung  volume awal pada saat benda belum terbentuk dan volume benda  pada saat benda sesudah dibentuk. Secara matematis antara  volume benda sebelum dibentuk dan sesudah dibentuk harus  sama. Kesulitan yang mungkin dapat terjadi apabila bentuk benda  yang diinginkan tidak beraturan sehingga menyulitkan untuk  menganalisis volume bentuk benda yang diinginkan.

Beberapa Model Penempaan

Beberapa Model Penempaan

Pada gambar di atas terlihat beberapa model penempaan yang  dilakukan dengan menggunakan die. Bentuk awal benda sebelum  ditempa berbentuk silinder bulat dan setelah mengalami proses  penempaan diperlihatkan menjadi bentuk-bentuk profil simetris.

Author: 

No Responses

Comments are closed.