Teknik untuk menggambarkan perpotongan dan persambungan

 artikel
loading...

Di sini kita lihat dua teknik untuk menggambarkan baik perpotongan saluran dan persambungan (junction) saluran. Sangat penting untuk memperhatikan bahwa  graphic symbol mungkin saja digambarkan dengan berbagai cara yang berbeda  namun tetap mewakili hal yang sama.
Pertama, mari kita lihat teknik-teknik ini, dimana A dan B dipakai untuk  menggambarkan perpotongan saluran. Dalam metode “A”, terlihat saluran setengah  lingkaran kecil yang digunakan untuk meloncati atau memotong saluran lain.  Metode yang lainnya adalah metode “B” yang hanya menunjukkan perpotongan  saluran satu sama lain.

Teknik perpotongan dan persambungan yang tepat

Pada sisi kanan, dua metode lain yang ada di sisi kanan ini adalah untuk  menyambung saluran. Cara yang standar dan paling banyak dipakai untuk
menggambarkan persambungan saluran adalah dengan menggunakan titik padat  pada titik persambungan seperti yang terlihat pada bagian “C”. Metode yang lainnya adalah “D”, dimana terlihat persambungan saluran tanpa ada  titik. Ini mungkin tampak agak membingungkan pada awalnya, karena hal ini juga  merupakan cara untuk menunjukkan perpotongan seperti yang terlihat pada “B”.  Cara untuk menentukan jenis sambungan anda akan tergantung pada teknik lain  yang digunakan dalam sirkuit untuk menggambarkan perpotongan dan  persambungan saluran.

Metode manapun yang dipakai, maka hal tersebut harus dipergunakan secara  konsisten untuk keseluruhan sirkuit. Sama juga halnya ketika anda memakai titik  persambungan untuk menandai persambungan saluran dalam sirkuit, maka saluran perpotongannya dapat menggunakan setengah lingkaran seperti pada “A” atau tanpa setengah lingkaran tersebut seperti pada “C”. Hal penting yang harus anda  ingat adalah teknik manapun yang anda pergunakan, pergunakanlah secara konsisten untuk keseluruhan sirkuit.

Tampilan “D” menunjukkan apa yang akan terjadi jika anda menggunakan metode  yang sama untuk menggambarkan perpotongan dan persambungan saluran dalam  sebuah sirkuit. Ini tidak benar karena orang tidak akan dapat membedakan  keduanya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.