Teknik Mesin terbaik

 artikel
loading...
Teknik Mesin adalah adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan, pembuatan serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif. Universitas maupun perguruan di Indonesia telah banyak yang membuka jurusan pendidikan teknik mesin atau pun teknik mesin murni . Salah satunya adalah jurusan pendidikan teknik mesin dan D3 teknik mesin di  universitas negeri yogyakarta (UNY). berikut merupak profil lengkap jurusan teknik mesin UNY .
Visi :
Menjadi program studi yang unggul dalam melaksanakan program kependidikan yagn secara sinergis mampu bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dunia usaha dan industri sebagai partner kerja sehingga dapat menghasilkan sarjana pendidikan teknik dibidanng teknik mesin yang cendekia, mandiri, dan bernurani serta mampu bersaing diera global.

Misi:
Misi program studi Pendidikan Teknik Mesin Uny yaitu melaksanakan pendidikan pra-jabatan dan mengembangkan pendidikan bagi calon tenaga kependidikan dengan cara :
  1.     Melaksanakan penelitian pendukung program kependidikan dan profesional.
  2.     Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang relevan
  3.     Melaksanakan kerjasama dengan SMK dan industri yang relevan
Tujuan :
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin bertujuan menghasilkan sarjana pendidikan teknik yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap profesional dalam bidang teknik mesin dan dasar-dasar pendidikan kejuruan serta mampu beradaptasi dan mengembangkan diri mengikuti perkembangan ilmu, teknologi, dan dunia pendidikan kejuruan. setelah menyelesaikan pendidikannya, seorang sarjana pendidikan teknik mesin diharapkan untuk berperan dibidang pendidikan kejuruan tingkat menengah. Selain itu sarjana pendidikan teknik mesin diharapkan pula untuk berkiprah dibidang industri pemesinan, industri konstruksi, dan industri proses (kimia, petrokimia, semen, minyak & gas dan lain-lain), pertambangan (ekplorasi, penanganan material curah dan lainnya), dan industri peralatan rumah tangga.
 
Program Studi :
1. Pendidikan Teknik Mesin S1
Lulusan program S1 disiapkan untuk menjadi guru profesional disekolah menengah kejuruan dan atau instruktur di berbagai lembaga pendidikann dan pelatihan serta industri.
2. Teknik Mesin D3
Dengan kosentrasi :
  1. Konsentrasi Perancangan
  2. Konsentrasi Pemesinan
  3. Konsentrasi Fabrikasi dan Pengelasan

Author: 

No Responses

Comments are closed.