Tabel Ketersedian bahan bakar

 artikel
loading...

Proses konversi energi sebagai usaha untuk menghasilkan energi berguna yang langsung dapat dipakai manusia dapat melalui cara yang beragam. Syarat terjadi proses konversi energi: pertama, harus ada sumber energi yang harus dikonversi; kedua, ada alat atau mesin sebagai tempat proses konversi. Apabila kedua syarat terpenuhi proses konversi energi akan berlangsung. Dari keterangan di atas, dapat dinyatakan bahwa sumber energi
adalah syarat pertama proses konversi. Sebagai contoh, salah satu dari sekian banyak sumber energi adalah bahan bakar. Adapun definisi dari bahan bakar adalah material, zat atau benda yang digunakan dalam proses pembakaran untuk menghasilkan energi panas. Jadi bahan bakar adalah salah satu sumber energi yang penting. Untuk menghasilkan energi yang dapat dimampatkan bahan bakar harus melalui proses pembakaran. Tanpa proses pembakaran energi tidak dapat diambil daribahan bakar.

Dalam pemanfaatan sumber energi, khususnya bahan bakar sekarang ini, selalu ada dua hal yang menjadi perhatian utama yaitu ketersediaannya di alam dan efek samping proses konversi ke lingkungan. Adapun alasan dari dua hal tersebut adalah, pertama kebutuhan manusia akan energi semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari volume penggunaan energi per harinya sudah besar. Alasan yang kedua adalah kondisi lingkungan yang semakin kritis dengan adanya pemanasan global. Untuk isu pemanasan global sekarang ini sedang dicari solusinya untuk mencegah dan mengembalikan ke keseimbangan sistem alam. Adapun proses pembakaran merupakan salah satu yang dianggap sebagai penyumbang pemanasan global, khususnya dari proses pembakaran bahan bakar fosil yang banyak menghasilkan polutan yang merusak lingkungan.

bahan bakar

Dari faktor ketersediaanya di alam, bahan bakar dibagi menjadi dua kategori yaitu bahan bakar yang dapat diperbaharui (renewable energi) dan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Teknologi yang berkembang pesat adalah mesin-mesin yang mengkonversi sumber energi habis pakai. Saat ini sedang banyak dikembangkan teknologi konversi energi yang dapat diperbaharui. Karena kebergantungan masyarakat yang tinggi dengan ditunjang teknologi yang sudah maju, ketersediaannya sumber energi habis pakai di alam mulai kritis untuk beberapa tahun kemudian. Di bawah ini adalah data ketersedian bahan bakar di alam.

Author: 

One Response

Comments are closed.