Sistem Pelumasan Bekerja

 perawatan dan perbaikan mesin
loading...

Efisiensi daya dan kinerja mesin untuk bekerja sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor gesekan yang timbul pada mesin tsb. Sistem-sistem gesekan pada komponen mesin perkakas berbeda-beda, misalnya sistem putar, sistem garis lurus atau kombinasi dari keduanya. Gaya yang diterima pada sistem gesekan itupun berbeda-beda pula tergantung pada di mana dan untuk apa sistem itu dipakai. Misalnya gesekan pada roda gigi, bantalan, dovetail meja, jelas akan memberikan angka (faktor) gesekan yang tidak sama.Sistem Pelumasan adalah suatu sistem pemeliharaan/ perawatan terhadap perangkat mesin yang selalu menampilkan masalah-masalah gerak, gesekan dan panas yang ketiga proses tersebut paling erat berhubungan dan memegang peranan penting dalam masalah kestabilan mesin.

sistem-pelumasan-bekerja

Bila ketiga hal tersebut tidak diperhatikan maka akan dapat mengakibatkan keausan dan suhu yang berlebihan menimbulkan pemuian pada bagian yang bergesekan. Oleh sebab itu, pengetahuan yang cukup terhadap masalah pelumasan sangat bermanfaat bagi perawatan mesin. Minyak pelumas adalah suatu cairan yang dapat menetralisir , menstabilkan panas yang berlebihan, minyak pelumas adalah suatu cairan yang berfungsi sebagai media penghantar ( penyerap) panas, juga sebagai pelicin atau pelancar gerak. Sebagai ilustrasi dapat diamati melalui gambar dibawah ini.

Pada saat poros berputar, terjadi gesekan antara poros dengan bantalannya. Sebagian minyak pelumas yang melekat pada permukaan poros ikut berputar. Apabila sela antara poros dengan bantalan menjadi lebih kecil daripada selah tempat minyak jadi lebih kecil daripada Celah tempat minyak pelumas yang terbawa berputar akan mengalami hambatan. Akibatnya sebagian akan mengalami kembali dan menimbulkan tekanan hidrodinamik didalam lapisan minyak pelumas.

Tekanan itu cukup kuat, untuk mengangkat poros untuk tidak menyentuh permukaan bantalan, putaran poros pada kecepatan rendah akan bergesekan dengan dinding bantalan (putarannya tidak simetris dengan bantalan). Hingga pada kecepatan yang tinggi putaran poros akan stabil dan tepat berada di tengah bantalan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.