sifat-sifat model fluida ideal

 artikel
loading...

Screenshot_42

Fluida ideal adalah suatu model, jadi bukan suatu fluida yang sebenarnya (pada kenyataannya fluida ideal tidak ada). Berikut merupakan  sifat-sifat model fluida ideal ?

  1. Fluida bersifat tidak kompresibel
    Yang dimaksud tidak kompresibel adalah bahwa massa jenis fluida tidak tergantung pada tekanan. Pada umumnya, fluida (terutama gas) bersifat kompresibel, yaitu bahwa massa jenis fluida bergantung pada tekanannya. Ketika tekanan gas diperbesar, misalnya dengan memperkecil volumenya, massa jenis gas bertambah.
  2. Aliran fluida tidak turbolen
    Yang dimaksud aliran turbolen, secara sederhana adalah aliran yang berputar-putar, misalnya asap rokok yang mengepul merupakan aliran turbolen. Lawan dari aliran turbolen adalah aliran laminar (streamline).
  3. Aliran fluida bersifat stasioner (tunak)
    Pengertian stasioner di sini hampir sama dengan pengertian stasioner pada gelombang stasioner. Aliran bersifat stasioner bila kecepatan pada setiap titik sembarang selalu konstan. Ini tidak berarti bahwa kecepatan aliran fluida di titik A sama dengan di titik B. Yang dimaksud di sini adalah kecepatan aliran di titik A, selalu konstan,
  4. Fluida tidak kental (non-viskos)
    Seperti yang telah kita bahas sebelumnya mengenai viskositas, maka adanya kekentalan fluida menyebabkan timbulnya gesekan pada fluida. Dalam fluida ideal, kita mengabaikan semua gesekan yang muncul, yang berarti mengabaikan gejala viskositas. Dengan berdasarka keempat asumsi inilah kita akan melakukan pendekatan-pendekatan untuk menentukan persmaan-persamaan gerak dalam fluida.

Author: 

No Responses

Comments are closed.