sifat-sifat minyak solar

 artikel
loading...

Solar adalah bahan bakar minyak hasil sulingan dari minyak bumi mentah, bahan bakar ini mempunyai warna kuning coklat yang jernih.

mesin uji oktan

Mesin uji nilai oktan CFR

Adapun sifat-sifat minyak solar yang lain adalah sebagai berikut.

  1. Tidak berwarna atau berwarna kuning muda dan berbau.
  2. Tidak mudah menguap dan pada temperatur normal tidak menguap.
  3. Titik nyala atau temperatur minimum mulai terbakar bila di dekat api adalah 40° sampai 100° C, jika dibandingkan dengan bensin yaitu sekitar 10-15° C, angka ini cukup tinggi dan aman untuk pemakaian.
  4. Temperatur nyala atau flash point (temperatur dimana bahan bakar menyala dengan sendirinya tanpa pengaruh dari luar)

Bahan-bakar solar yang baik adalah mempunyai titik nyalanya rendah atau mudah menyala, viskositasnya tepat, tidak terlalu kental, mudah menguap dan mengandung belerang yang rendah. Minyak solar merupakan hasil dari pengolahan minyak bumi sama dengan bensin. Minyak solar ini biasanya digunakan sebagai bahan bakar pada semua jenis motor diesel dan juga sebagai bahan bakar untuk pembakaran langsung di dalam dapur–dapur kecil yang menghendaki hasil pembakaran yang bersih. Minyak ini sering disebut juga sebagai gas oil, ADO, HSD, atau Dieseline. Pada temperatur biasa, artinya pada suhu kamar tidak menguap, dan titik nyalanya jauh lebih tinggi daripada bahan bakar bensin.

Author: 

One Response

Comments are closed.