sifat khusus sistem hidrolik

 artikel
loading...

Dalam hal ini cairan digunakan sebagai sarana perpindahan energi. Minyak mineral adalah cairan yang sering digunakan, tetapi dapat digunakan pula cairan sintetis, seperti air atau emulsi minyak air. Hidromekanika (mekanika zat alir/mekanika fluida) dapat dibagi menjadi 2 :

Hidrostatika : mekanika fluida /zat cair diam (teori kesetimbangan dalamcairan)

Hidrodinamika : Mekanika fluida yang bergerak (ilmu aliran)

Salah satu contoh dari hidrostatika adalah perpindahan gaya dalam hidrolik. Salah satu contoh dari hidrodinamika murni adalah perpindahan energi aliran di turbin-turbin pembangkit listrik tenaga air. Selain dengan sistem hidrolik, tentu ada cara lain untuk memindahkan energi seperti : roda gigi, poros mekanisme engkol dan sebagainya (mekanik), amplifier, elemen pengubah elektronik (elektronik), pemindahan seperti hidrolik dengan udara sebagai elemen transfer (pneumatik). Masing-masing mempunyai bidang penerapannya sendiri, namun dalam beberapa kasus, kita bisa memilih dari berbagai kemungkinan.

hidrolik

Banyak alasan yang dapat dikemukakan mengapa orang memilih pengontrolan dari penggerak hidrolik. Beberapa sifat khusus sistem
hidrolik:

  1. Gaya yang tinggi (berupa momen putar) dengan ukuran yang kompak, yaitu berupa kepadatan tenaga yang tinggi
  2. Penyesuaian gaya otomatik
  3. Dapat bergerak dari keadaan diam meskipun pada beban penuh
  4. Pengubahan (kontrol atau pengaturan) tanpa tingkatan dan kecepatan, momen putar (torsi), gaya langkah dan sebagainya yang dapat dilakukan dengan mudah
  5. Perlindungan terhadap beban berlebih yang sederhana
  6. Cocok untuk mengendalikan proses gerakan yang cepat dan untuk gerakan sangat lambat yang akurat.
  7. Penumpukan energi yang relatif sederhana dengan menggunakan gas.
  8. Dapat dikombinasikan dengan tranformasi yang tidak terpusat dari energi hidrolik kembali ke energi mekanik, dapat diperoleh sistem penggerak sentral yang sederhana sehingga dapat ekonomis.

Author: 

No Responses

Comments are closed.