Ring piston

 artikel
loading...

Dinding piston terdapat celah (clearence) yang berfungsi sebagai ruang muai piston. Celah ini dapat menimbulkan masalah yaitu kebocoran gas pada waktu langkah kompresi dan tenaga. Untuk mengatasi hal tersebut pada piston diberi seal atau perapat sehingga kebocoran dapat dihindari. Perapat tersebut berbentuk ring. Adapun fungsi ring piston secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga agar gas tidak ke luar silinder selama langkah kompresi ataulangkah tenaga. Pada langkah ini perbedaan antara tekanan dalam silinder dengan luar silinder sangat besar sehingga ada kemungkinan gas dapat ke luar melalui celah-celah antara piston dengan silinder.
  2. Sebagai komponen pelumasan yaitu ring piston akan mengikis minyak pelumas di dinding silinder dan sekaligus mencegah minyak pelumas masuk ke ruang bakar.
  3. Karena ring piston bersingungan langsung dengan dinding silinder, maka ring piston dapat sebagai media untuk menyalurkan panas dari piston kedinding silinder.

ring piston

Material ring piston terbuat dari besi cor khusus, berbentuk lingkaran berdiameter lebih besar dari diameter piston. Untuk memudahkan pemasangan pada piston, ring piston dipotong. Ada beberapa model potongan yaitu ; butt joint, angle joint, dan gap joint sepetri gambar diatas Celah sambungan (gap joint) harus disesaikandengan sepesifikasi mesin. Bila celah sambungan terlalu besar akan mengakibatkan kebocoran gas, bila terlalu kecil ujung-ujungnya akan bersentuhan, dan apabila memuai akan merusak ring piston

Author: 

598 Responses

Comments are closed.