Reverse Flushing pada Sistem Pendingin

 artikel
loading...

Sistem pendingin dapat dibilas (flushing) menggunakan air yang di hubungkan dengan hose. Untuk melakukan flushing dapat juga menggunakan alat flushing yang menghasilakan udara dan air bertekanan. Dengan alat ini tekanan udara berfungsi agar air yang di sirkulasikan dapat lebih kuat sehingga menghasilkan gelombang air yang dapat membantu mengikis dan mengeluarkan serpihan bahan atau karat. Radiator dan saluran water-jacket pada engine biasanya dibilas secara terpisah.

Reverse Flushing pada Sistem Pendingin

Gambar  diatas menunjukkan proses reverse-flushed (pembilasan arah balik) pada radiator. Udara dan air bertekanan di sirkulasikan dari bagian dasar radiator dan sebuah hose di pasang di bagian atas radiator untuk mengeluarkan air. Reverseflushing akan mengeluarkan partikel atau kotoran yang tidak bisa di bersihkan dengan pembilasan satu arah saja. Umumnya partikel karat dan serpihan kotoran tertumpuk pada pipa bagian atas tangki radiator.

Untuk melakukan pembilasan (flushing) pada saluran water-jacket engine dapat juga menggunakan metode reverse-flushed tetapi jangan lupa melepas thermostat sebelum melakukan pembilasan. Selama melakukan proses pembilasan jika di lengkapi dengan interior heater control harus di posisikan pada posisi panas (panas position) sehingga air dapat bersirkulasi melewati saluran untuk pemanas juga.

Author: 

No Responses

Comments are closed.