Proses Pengujian Tarik

 artikel
loading...

Pengujian tarik adalah salah satu metode pengujian material yang paling luas penggunaannya. Pada pengujian tarik, spesimen uji mengalami pembebanan satu sumbu (uniaxial loading) yang menyebabkan terjadinya deformasi baik elastis maupun plastis. Dari pengujian ini dapat dipelajari perilaku dari material sebagai respon terhadap beban yang diberikan, termasuk di antaranya adalah menghitung kerja yang dilakukan selama deformasi.

Di dalam dasar-dasar mekanika kita telah mengetahui bahwa kerja yang dilakukan adalah sama dengan perkalian skalar gaya dan perpindahan (dW=F.ds). Berdasarkan hal tersebut, dapat dihitung kerja, baik elastis maupun plastis, yang dilakukan selama proses pengujian tarik.

Screenshot_58

Persamaan yang lebih sederhana dapat diturunkan dari persamaan diferensial umum tersebut dengan menganggap bahwa logam berperilaku elastis ideal, yaitu mengikuti hukum proporsionalitas Hooke, serta berperilaku plastis ideal (n=1), atau mengikuti persamaan konstitutif tertentu sesuai dengan karakteristik masing-masing material.Besarnya kerja elastis dan kerja plastis secara adalah proporsional dengan luas area di bawah kurva tarik. Dari diagram tegangan-regangan hasil pengujian tarik dapat dilihat proporsi kerja elastis dan plastisnya

Author: 

No Responses

Comments are closed.