Proses pembakaran bahan bakar padat

 artikel
loading...
Proses pembakaran dapat berlangsung apabila bahan bakar bercampur dengan oksidan yaitu oksigen dan pada lingkungan bertemperur tinggi (ada penyalaan). Bahan bakar padat proses interaksi dengan oksigen akan terlalu lama apabila pada kondisi padat dengan dimensi besar. Untuk keperluan tersebut secara praktis pada industriindustri yang menggunakan batu bara selalu terdapat fasilitas penghacur batu bara menjadi serbuk (pulvizer). Dengan kondisi serbuk batu bara mudah berinteraksi dengan oksigen sehigga dapat tercampur dengan lebih baik sebelum penyalaan. Adapun metode pembakaran bahan bakar padat batu bara yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:
  1. Stoker mekanik. Sistem ini merupakan sistem yang paling kuno dan masih secara luas digunakan. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut. Batu bara diumpankan melalui feeder ke conveyor mekanik sebagai tempat berlangsungnya proses pembakaran.
  2. Pembakaran serbuk dengan tanur silikon. Pada metode ini batubara serbuk diumpankan dengan pengkabutan melalu burner yang disebut tanur silikon.
  3. Pembakaran dengan metode fluidisasi. Batu bara yang akan dibakar diumpankan dari feeder ke sebuah ruangan tertutup kemudian dari bawah dihembuskan udara bertekanan sehingga serbuk batu bara terangkat seperti fluida gas dengan pembakaran

Author: 

No Responses

Comments are closed.