Proses Blanking

 artikel, Fabrikasi
loading...

Blanking atau penembukan pada prinsipnya adalah proses penguntingan pelat dengan gaya geser antara punch dan dies. Pelat diletakkan diantara punch dan dies. Posisi dies di bawah dan tetap sementara punch terletak pada bagian atas dan bergerak ke bawah pemotong bagian pelat sesuai dengan bentuk punch yang ada. Pelat yang diletakan di atas dies ini dijepit dengan stopper. Stopper ini berfungsi menekan pelat agar pada saat penekanan dengan punch ini tidak terjadi pergeseran yang menyebabkan bahan pelat menjadi keriput. Dies dan punch merupakan komponen utama pada proses blanking ini. Bentuk dan dies disesuaikan dengan bentuk-bentuk komponen dari bahan pelat yang diinginkan. Antara dies dan punch mempunyai kelonggaran (clearence). Kelonggoran ini disesuaikan dengan tebal bahan dan jenis dari bahan pelat yang akan di blanking.

Proses blanking dapat dilakukan sekaligus dengan menggunakan beberapa dies dan punch sekali jalan contoh proses blanking ini dapat dilihat pada gambar. Pada gambar terlihat proses blanking dalam pembuatan ring pelat untuk baut dan mur.

Pembuatan ring pelat ini dilakukan dengan proses penekanan secara terus menerus, dimana bahan pelat yang menjadi bahan baku ring ini di potong arah memanjang. Pelat digerakkan secara lurus sambil mengikuti langkah turunnya punch menekan dan melobangi pelat.

Proses Blanking untuk pembuatan Ring Pelat

Proses Blanking untuk pembuatan Ring Pelat

Punch terdiri dari dua yakni punch lobang dan punch cincin. Kedua punch ini berbentuk lingkaran pejal. Dies yang berada di bawah juga terdiri dari dua lobang sesuai dengan punch yang ada. Punch kecil dan besar bergerak secara bersamaan menekan pelat. Posisi punh kecil berada didepan punch yang besar. Pelat bergerak kesamping sesuai dengan pergesaran dari diameter ring yang akan dihasilkan. Pada gambar terlihat punch (kecil) pertama melobangi pelat terlebih dahulu selanjutnya pelat bergeser sejauh ukuran lingkaran luar. Langkah kedua punch besar melobangi pelat sehingga palt yang dihasilkan sudah membentuk ring.

Proses ini digabung sekaligus. Antara punch kecil dan besar bergerak secara bersamaan tetapi pada saat terjadi pemotongan di punch besar bahan pelat sudah terlebih dahulu di lobangi oleh punch yang kecil. Selanjutnya pelat bergerak kesamping secara terus menerus mengikuti pergerakan naik turunnya punch. Proses ini berlanjut sampai bahan lembaran pelat ini menyentuh unjung punch dan penahan pelat yang ada pada mesin blaking ini.

Author: 

591 Responses

Comments are closed.