Prosedur perbaikan hasil pengelasan

 artikel, Fabrikasi
loading...

Prosedur pengelasan adalah suatu perencanaan untuk melaksanakan pengelasan yang meliputi cara pembuatan kontruksi las yang sesuai dengan rencana dan spesifikasinya dengan menentukan semua hal yang diperlukan dalam pelaksanaan tersebut. Karena itu mereka yang menentukan prosedur pengelasan harus mempunyai pengetahuan tentang teknolgi las, dapat menggunakan pengetahuan tersebut dan mengerti tentang efisiensi dan ekonomi dari aktivitas produksi. Untuk setiap pelaksanaan pekerjaan harus dibuat prosedur tersendiri secara terperinci termasuk menentukan alat yang diperlukan yang sesuai dengan rencana pembuatan dan kwalitas produksi. Apabila terjadi kerusakan pada hasil pada hasil pengelasan ikutilah langkah-langkah perbaikan sebagai berikut:

  1. Takikan bawah : Turunkan amper sesuai dengan petunjuk, Kurangi kecepatan pengelasannya, Tambahkan pengisian logam las.
  2. Penumpukkan logam las : Naikan amper, Kurangi pengisian logam las, Gunakan kawat las ukurannya yang lebih kecil.
  3. Keropos : Kurangi jarak busurnya, Naikkan aliran gasnya, Lindungi daerah pengelasan dengan menutup pintu dan jendela atau memasang tabir pelindung, Gunakan ukuran nozel yang lebih besar, Bersihkan permukaan benda-kerja terlebih sebelum dilas.
  4. Kurang pencairan : Naikan ampernya, Sesuaikan teknik pengelasannya dengan jenis pekerjaan, Perbaiki persiapannya, Pilih ukuran elektroda yang sesuai dengan tebal benda kerja dan posisi pengelasan, Bersihkan permukaan benda kerja sebelum dilas.
  5. Tercemar tungsten : Turunkan ampernya sesuaikan dengan ukuran elektroda, Persiapkan bentuk elektrodanya sesuai yang ditunjukkan pada modul, Sesuaikan teknik pengelasannya, Bersihkan dan gerinda ulang hingga siap dikerjakan lagi

Author: 

No Responses

Comments are closed.