Pressure compensated flow control

 artikel
loading...

Valve pressure compensated flow control dipergunakan untuk menyediakan aliran output yang  konstan ke dalam cabang sirkuit tanpa melihat tekanan input sistem  atau pressure load. Jenis ini bisa  berupa piston atau spool. Pada  keduanya, laju aliran output yang  konstan didapat dengan menggunakan spring untuk  mempertahankan pressure drop / turunnya tekanan secara konstan pada orifice pengukur.

Ketika tekanan input meningkat, maka laju aliran outputpun akan dibatasi, baik  karena piston atau spoolnya tertutup. Ini mencegah peningkatan laju output karena  cabang input tekanan mencoba untuk memaksa mengalirkan lebih banyak melalui valve.

Pressure compensated flow control

Gambar diatas menggambarkan pressure compensated flow control jenis bypass  dengan relief valve yang menyatu. Perbedaanya terletak pada aliran output dikontrol  oleh orifice yang dimasukkan dalam saluran pengatur output. Saluran ini  mempertahankan aliran tetap ke sirkuit kerja, segala kelebihan aliran akan dialihkan  ke reservoir melalui saluran tangki .

Jika beban kerja meningkat, maka tekanan dalam outlet turut meningkat, diikuti oleh  tekanan pada spring chamber pada bagian kanan piston hydrostat. Tekanan inlet,  pada bagian sebelah kiri hydrostat, akan turut meningkat sampai pada tingkat yang  cukup untuk mengatasi tekanan pada bagian kanan hydrostat,ditambah dengan nilai  spring. Pada titik ini, hydrostat akan bergeser ke sebelah kanan, sehingga kelebihan  akan mengalir keluar melalui port tank. Sehingga, tanpa mempertimbangkan  tekanan pada sisi kanan hydrostat, maka tekanan di sebelah kiri hydrostat akan  berada di atasnya dengan adanya nilai spring. Pressure drop / turunnya tekanan konstan pada orifice yang mempertahankan pressure compensated mengalir ke  outlet yang telah diatur.

Jika output tekanan yang diatur tersebut melebihi pilot spring setting di dalam  hydrostat, maka tekanan pada spring chamber akan dibatasi dan valve akan berfungsi sebagai relief valve.

Author: 

No Responses

Comments are closed.