Persiapan pengukuran

 artikel
loading...

sebelum melakukan pengukuran kedalaman benda  kerja dengan menggunakan alat ini, terlebih dahulu ,kita harus mengukur kedalaman benda kerja tersebut  dengan menggunakan alat ukur lain seperti mistar  baja, hal ini untuk menentukan batang ukur mana  yang harus dipakai. Setelah diketahui besarnya  ukuran, maka pilihlah batang ukur yang sesuai  dengan yang dibutuhkan. Misalnya dalam benda yang  akan diukur 34 mm, maka batang ukur yang dipakai  harus batang ukur dari 25 sampai 50 mm. Setelah ditentukan batang ukurnya, maka langkah selanjutnya adalah membuka katup alat ukur dan  keluarkan penyambungan sumbu ukur.

Membuka baut pengunci

Membuka baut pengunci dan mengeluarkan sumbu penyambung (rumah batang ukur)

Sebelum batang ukur ditempatkan pada rumahnya,  maka bersihkan terlebih dahulu bagian-bagian alat  ukur ini dan batang ukurnya. Kemudian setelah bersih  pasanglah batang ukur pada tempatnya dan kuncikan  baut penguncinya.

Langkah akhir sebelum melakukan pengukuran  adalah melakukan pengkalibrasian alat ukur, yaitu  dengan jalan menempatkan alat ukur ini pada meja  perata. Gerakkan alat ukur ini hingga batang ukur  tidak menyentuh landasan meja perata, maka lihatlah  apakah alat ukur tersebut menunjukkan angka mol  atau tidak. Apabila tidak maka setelah kembali alat  ukur tersebut sehingga menunjukkan angka nol.  Dengan telah dikalibrasinya alat ukur ini, maka alat ini  telah siap untuk melakukan pengukuran dan ukuran  yang dihasilkan akan presisi/akurat.

Mengakalibrasi alat ukur

Mengakalibrasi alat ukur

Author: 

592 Responses

Comments are closed.