Persamaan Hollomon

 artikel
loading...

Untuk logam yang perilakunya memenuhi persamaan Hollomon misalnya, persamaan umum untuk Kerja Ideal per Satuan Volume, Wi/V atau wi, dapat disederhanakan menjadi persamaan seperti terlihat pada Gambar

Persamaan Kerja per Satuan Volume untuk Material

Telah diketahui sebelumnya bahwa kerja ideal adalah kerja minimal yang dilakukan untuk terjadinya deformasi plastis. Besarnya kerja aktual yang diperlukan untuk terjadinya suatu aliran logam atau deformasi plastis pada proses pemebentukan logam selalu sama dengan atau lebih besar dari besarnya kerja ideal tersebut. Dengan kata lain, teori kerja ideal hanya memberikan batas bawah (lower bound) dari kerja, gaya, tegangan atau tekanan yang sebenarnya diperlukan pada proses pembentukan logam.

Berbeda dengan desain dan analisis struktur yang tidak menginginkan terjadinya deformasi, pada desain dan analisis proses pembentukan logam, perhatian kita adalah pada berapa jumlah energi, gaya, beban, tegangan, atau tekanan yang dapat menyebabkan logam mulai terdeformasi. Teori batas bawah dalam hal ini kurang dapat memberikan kepastian terjadinya aliran logam atau deformasi plastis sehingga kurang menguntungkan untuk desain dan analisis proses pembentukan logam. Sebaliknya, analisis batas bawah lebih menguntungkan untuk digunakan pada disain dan analisis struktur.

Author: 

No Responses

Comments are closed.