Periksa Gas Hasil Pembakaran pada Sistem Pendingin

 artikel
loading...

Jika pada pemeriksaan menggunakan pump group menunjukkan indikasi terjadinya kebocoran pada system pendingin tetapi bukan kebocoran eksternal melainkan kebocoran internal maka langkah yang harus di lakukan oleh teknisi adalah memeriksa kemungkinan adanya gas buang yang masuk ke dalam system pendingin. Bukalah radiator cap kemudian hidupkan engine dengan beban. Periksalah timbulnya gelembung udara yang ada pada coolant, jika gelembung udara tidak mudah terlihat gunakan Bottle test untuk memudahkan dalam mengidentifikasi adanya gelembung udara pada coolant system pendingin.

Pemeriksaan gas pada sistem pendingin

Sebelum menggunakan Bottle Test, pastikan sistem pendingin sudah terisi dengan benar. Gunakanlah kawat untuk menjaga relief valve pada radiator cap tetap terbuka. Pasang radiator cap dan kencangkan.

Pasang hose pada ujung overflow tube atau pasang hose pada saluran outlet relief valve. Hidupkan engine dan operasikan pada kecepatan high idle selama minimal lima menit setelah engine mencapai temperatur operasi normal. Pastikan core radiator tertutup untuk menjaga engine berada pada temperatur operasi. Setelah lima menit atau lebih pada temperatur operasi, letakkan ujung hose ke dalam botol yang telah berisi air. Letakkan botol ke dalam ember air dengan bagian atas menghadap bawah. Jika air pada botol ada yang keluar dalam waktu kurang dari empat puluh detik maka hal ini menunjukkan pada system pendingin terdapat kebocoran gas hasil pembakaran yang berlebihan.

Cylinder head, block dan precombustion chamber yang retak, gasket head atau seal precombustion chamber yang jelek seperti gambar di atas dapat menyebabkan gas hasil pembakaran dapat masuk ke dalam sistem pendingin. Lakukan pemeriksaan pada komponen – komponen diatas dan lakukan perbaikan atau penggantian jika terjadi kerusakan. Apabila terjadi kerusakan gasket pada komponen kompresor udara maka kerusakan tersebut dapat menjadi sumber masuknya udara ke dalam sistem pendingin.

Author: 

No Responses

Comments are closed.