Perbedaan Mengetap dan Menyenei

 artikel, kerja bangku
loading...

Tap dan sney adalah alat untuk membuat ulir. Tap adalah untuk membuat ulir dalam (mur), sedangkan snei adalah untuk membuat ulir luar (baut). Tiap satu set, tap terdiri dari 3 buah yaitu tap no.1 (Intermediate tap) mata potongnya tirus digunakan untuk pengetapan langkah awal, kemudian dilanjutkan dengan tap no. 2 (Tapper tap) untuk pembentukan ulir, sedangkan tap no. 3 (Botoming tap) dipergunakan untuk penyelesaian.

Screenshot_105

TAP

Contoh penulisan spesifikasi tap dan snei sebagai berikut:

  • Tap/snei M10 x 1,5.
    Artinya adalah: M = Jenis ulir metrik, 10 = Diameter nominal ulir dalam mm, 1,5 = Kisar ulir
  • Tap/snei W 1/4 x 20, W 3/8 x 16
    Artinya adalah: W = Jenis ulir Witworth, 1/4 = Diameter nominal ulir dalam inchi, 20 = Jumlah gang ulir sepanjang satu inchi.
Screenshot_106

Snei

Dalam mengetap, tap dimasukkan kedalam tangkai tap. Tangkai tap, dapat diatur besar kecilnya ukuran kepala tap sedang tangkai tap Gambar 115b, mempunyai tiga lubang yang dapat dipakai sesuai dengan besarnya kepala tap dan tangkai pemutarnya tidak dapat disetel. Untuk pembuatan ulir luar, batang ulir harus disediakan/dikerjakan terlebih dahulu menggunakan mesin bubut dengan diameter ”d”, sedangkan sneinya dipilih yang berukuran sama, baik diameter maupun kisar ”k” atau jumlah gang dalam satu inchi ”n” menurut jenis ulir yang akan dibuat.

Author: 

No Responses

Comments are closed.