Perbandingan pompa sudu-sudu seimbang dan tidak seimbang

 artikel
loading...

Pada pompa sudu-sudu tidak seimbang cenderung untuk mempercepat rusaknya bantalan akibat beban yang tidak seimbang dan tidak merata. Penyebabnya diperlihatkan pada penekanan poros dan bantalan dari tekanan balik oli yang dibuang pada sisi saluran keluar pompa. Tidak pernah dialami gaya yang sama terbawa pada sisi berlawanan, semenjak saluran masuk oli berada di bawah atau tak bertekanan sama sekali.Pompa sudu-sudu seimbang adalah pemecahannya. Untuk menghilangkan ketidakseimbangan tekanan ke luar pada poros, dua saluran keluar digunakannya dan peletakan lubang-lubang tersebut saling berhadapan (membentuk sudut 180°). Persamaan gaya yang diterima pada poros memperpanjang umur kerja bantalan, dan membuat umur kerja pompa juga lebih lama.

Screenshot_142
Sementara pompa sudu-sudu seimbang memecahkan satu masalah, tetapi hanya dapat digunakan pada pemindahan tetap. Posisi saluran ke luar tidak dapat diubah atau mungkin keseimbangan menjadi terganggu. Jenis pompa tidak seimbang dapat digunakan baik untuk pemindahan tetap atau pemindahan variabel. Dengan rancangan khusus, posisi cincin rotor dan saluran oli dapat diubah sehubungan dengan keseimbangan rotornya. Perubahan ukuran ruangan ini terbentuk oleh sudu-sudu yang meluncur pada alurnya, sehingga mempengaruhi volume oli yang terbawa. Hasilnya adalah pemindahan variabel. Sehingga dua pompa sudu-sudu memberikan pilihan:

  1. umur pemakaian lebih lama atau;
  2. pengoperasian yang lebih luwes. Pilihan kedua untuk beberapa sistem hidrolik tergantung pada karja yang harus dilakukan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.