Penyetelan benda kerja (set up) pada independen Jaw

 artikel, Mesin Bubut
loading...

Untuk penyetelan posisi benda kerja dalam proses pembubutan dengan menggunakan chuck rahang empat diperlukan kecermatan karena gerakan jaw (rahang) dari chuck bergerak secara independent antara jaw yang satu dengan jaw yang lainnya. Oleh karena itu untuk penyetelannya dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

  1. Ukur diameter benda kerja dan jepitlah benda kerja dengan kuat
  2. Stel jaw sesuai dengan selisih ukuran diameter benda kerja sebanding dengan jarak perbedaan pada “concentric ring”
  3. Kendurkan dua rahang yang berdekatan untuk memberikan ruangan pergeseran benda kerja.
  4. Tempatkan benda kera di dalam chuck jangan terjadi kesalahan atau perubahan, jepit perlahan lahan melalui gerakan rahang.
  5. Berikan lapisan pelindung diantara jaw dan benda kerja jika diperlukan.
  6. Pemasangan benda kerja yang panjang sebagaimana terlihat pada gambar dibawah diperlukan pemeriksaan kebenaran putaran
    antara pangkal dimana bagian terdekat dengan rahang (jaw) dengan dibagian ujung dari benda kerja,
Screenshot_91

Pemeriksaan kebenaran putaran dengan surface gauge

Untuk benda kerja yang pendek dan diameter besar dengan pemasangan pada posisi rahang normal dapat dilakukan dengan menentukan kesejajaran bagian permukaan benda kerja dengan permukaan chuck, untuk hal ini sebaiknya salah satu permukaan yang akan dijadikan pedoman (basis pengukuran) diratakan terlebih dahulu dengan metoda pembubutan muka (facing). Metoda pendekatan dapat pula dilakukan dengan menggunakan kapur pada putaran benda kerja, posisi puncak akan terlihat pada goresan kapur, akan tetapi dengan menggunakan kapur ini tidak terlihat jarak ukur penyimpangannya. Penyetelan posisi kesesumbuan dari benda kerja dalam pencekaman pada chuck ini benar-benar harus dilakukan walaupun sangat sulit, namun untuk hasil yang lebih akurat penyetelan ini ialah dengan menggunakan Dial Indikator.

Author: 

No Responses

Comments are closed.