Pengukuran dengan Vernier Caliper

 Uncategorized
loading...

Vernier caliperatau mistar ingsut adalah alat ukur presisi, sehingga ia dapat digunakan untuk mengukur benda kerja  yang secara presisi atau benda kerja dengan tingkat kepresisian 1/100 mm. ketelitian dari alat ukur ini biasanya  5/100 mm. Vernier caliper dapat digunakan untuk mengukur diameter bagian luar benda kerja, kedalaman lobang, diameter bagian  dalam suatu benda kerja, lebar suatu celah dan panjang dari  suatu benda kerja, apabila ukuran dari vernier caliper tersebut  mencukupi.

Vernier caliperatau mistar ingsut

Ukuran vernier caliper ada beberapa macam, seperti vernier  caliper dengan panjang 0 sampai 150 mm, 0 sampai 175 mm,  0 sampai 250 mm, 0 sampai 300 mm (sistem metrik).  Sedangkan untuk mengukur ukuran benda kerja yang besar  juga digunakan vernier caliper(jangka sorong) dengan ukuran  panjang lebih dari 1 (satu ) meter.  Bentuk lain dari vernier caliper adalah vernier calipe ryang  dilengkapi dengan dial indikator, sehingga ia dapat melakukan  pengukuran secara lebih teliti dan cara pembacaannya menjadi  lebih mudah. Ketelitian vernier caliper jenis ini adalah 0,05 mm.

Cara membaca vernier caliper dengan dial indikator adalah  sebagai berikut:
Vernier Caliperdengan dial indikator

  1. Baca ukuran pada skema kerja
  2. Baca ukuran yang ditunjukkan pada dial indikator
  3. Karena ketelitian dial indikator adalah 0,05 mm, maka  beberapa bagian yang ditunjukkan oleh dial indikator harus  dikalikan dengan besaran 0,05 mm
  4. Jumlahkan kedua ukuran tersebut dan ukuran ini  merupakan ukuran akhir benda kerja.

Author: 

No Responses

Comments are closed.