Pengujian Tekanan Pada Kebocoran coolant

 artikel, Fabrikasi
loading...

Melakukan pengetesan tekanan di dalam system pendingin merupakan salah satu dari perawatan dan inspeksi berkala yang sangat penting (lihat Gambar ). Kebocoran coolant yang terjadi secara terus menerus baik besar maupun kecil pada engine yang sedang beroperasi dapat menyebabkan kekurangan coolant di dalam system pendingin.

Pengetesan tekanan

Coolant dijaga pada tingkat konsentrasi yang tepat dan memiliki tingkat PH yang rendah. Hal ini berarti bahwa bahwa coolant di klasifikasikan soft water dan memiliki kualitas pencarian bocor (leak searching quality). Walaupun clamp hose diikat dengan benar, atau kekencangan gasket dipelihara dengan benar, kebocoran mungkin masih dapat terjadi. Kebocoran coolant dapat terjadi:

  • Ketika engine dingin saat tekanan di dalam system mulai berkurang dan tidak ada pemuaian akibat panas pada sambungan – sambungan sistem pendingin
  • Ketika sistem pada temperatur kerja operasi dan tekanan meningkat

Kebocoran yang sangat kecil kemungkinan akan sulit untuk di temukan karena kebocoran coolant yang sedikit akan langsung menguap sehingga susah mengidentifikasi tempat terjadinya kebocoran.

ngat bahwa temperatur dan tekanan saling berhubungan. Ketika melakukan diagnosa pada sistem pendingin periksalah tekanan dan temperatur pada sistem pendingin. Tekanan akan sangat berpengaruh terhadap temperatur coolant pada sistem pendingin.

Author: 

No Responses

Comments are closed.