Pengujian impak Charpy

 artikel, Ilmu Bahan
loading...

Pengujian impak Charpy banyak dipergunakan untuk menentukan kualitas bahan. Batang uji dengan takikan 2 mmV, paling banyak dipakai. Di samping itu lebih dari 30 jenis diusulkan termasuk jenis yang memancing retak lelah. Gb. 1.24 menunjukkan satu dari contoh hasil pengujian dengan mempergunakan batang uji terbuat dari baja lunak dengan takikan 2 mmV.

Pengujian impak CharpyHasil yang paling penting adalah temperatur transisi, menurut berbagai spesifikasi seperti ditunjukkan dalam gambar. Gambar ini menunjukkan juga contoh khas pada perubahan kurva beban-waktu di setiap temperatur pengujian. Di masa silam, pada pengggunaan bahan, sering menyatakan dengan energi yang diabsorb dan perbandingan patah getas pada satu temperatur yang mendekati temperatur kerja dari komponen mesin yang dipakai, sebagai contoh pada OoC, hal ini hanya merupakan keuletan (secara eksperimen).

Pengujian patah yang umum biasanya ditentukan oleh tegangan yang diperlukan untuk mematahkan, tetapi pada pengujian Charpy adalah energi yang diperlukan untuk mematahkan, jadi dipandang dari sudut ini pengujian Charpy dapat dianggap cara pengujian yang maju

Author: 

No Responses

Comments are closed.