Pengertian Pendidikan: Tujuan, Unsur, Landasan, Asas, & Lingkungannya

Kata pendidikan sering kali selalu kita dengar, bahkan sejak usia kita masih kecil saja pendidikan sudah mulai di ajarkan. Tapi apa sih arti sebenarnya pendidikan itu sendiri, pendidikan merupakan pembelajaran, pengetahuan, pelatihan, penelitian juga keterampilan melalui pengajaran dan bimbingan orang lain. 

Tetapi ada juga pendidikan yang kita dapat secara otodidak seperti pengalaman dalam hidup. Sehingga ada pepatah mengatakan pengalaman merupakan guru terbaik, karena dalam hidup kita juga membutuhkan pengalaman agar kesalahan yang kita lakukan tidak terulang lagi. 

Karena sangat pentingnya pendidikan dalam kehidupan sehingga pemerintah juga mengakui hak setiap orang atas pendidikan, sehingga pendidikan bisa dikatakan hal yang wajib. Pendidikan juga sudah mulai di kenal sejak kita masih dalam kandungan, seorang ibu yang memainkan musik, dan membacakan cerita untuk bayinya yang masih di dalam kandungan dengan harapan seorang ibu bisa memberikan pelajaran untuk sang bayi walaupun belum terlahir ke dunia. 

Pendidikan juga tidak hanya untuk generasi muda saja, tetapi untuk kalangan generasi yang lebih tua pun mereka berhak masih menerima pendidikan, bukan hanya menerima pendidikan tetapi juga dapat secara tidak langsung mereka bisa menjadi pendidik dengan pengalaman yang mereka sudah lalui. 

Tujuan pendidikan itu sendiri adalah untuk membentuk jati diri seorang anak yang berakhlak, berilmu, kreatif, dan mandiri dari berbagai aspek kehidupan. Dengan pendidikan setiap anak dapat mengembangkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya. Dengan pendidikan juga dapat membentuk watak kepribadian seseorang,  

Pendidikan berlandaskan pada UUD 1945, Undang-undang RI no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, dan berbagai peraturan pemerintah (PP) yang berkenaan dengan pendidikan. Sedangkan asas pendidikan adalah Tut Wuri Handayani yang artinya dari belakang, seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan, pendidikan sepanjang hayat yakni pendidikan tidak pernah mengenal usia muda dan tua karena dengan asas ini akan terbentuk seseorang yang mau terus menerus belajar dan satu hal lagi adalah kemandirian dalam belajar.

Untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas pendidikan juga tidak dapat terlepas dari unsur-unsur yang menyertainya. Beberapa unsur dari pendidikan adalah, peserta didik sebagai subjek tanpa memandang usia, seorang pendidik sebagai pelaksana yang bertanggung jawab dalam hal pendidikan, interaksi antara keduanya antara peserta didik dan pendidik, materi yang disajikan untuk proses pembelajaran, metode pendidikan itu sendiri bagaimana seorang pendidik menerapkan metode yang efisien untuk mencapai tujuan pendidikan itu sendiri, serta tempat pendidikan itu berlangsung yang bisa memberikan sarana dan prasarana yang lengkap untuk kenyamanan dalam belajar. Tanpa ada unsur tersebut pendidikan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, karena unsur tersebut saling terkait satu sama lainya. 

Bukan hanya itu saja yang berpengaruh besar, lingkungan juga memiliki andil yang besar dan merupakan faktor penting dalam pendidikan. Lingkungan hal pertama yang bisa mempengaruhi perkembangan karakter seseorang, lingkungan yang baik maka seorang anak akan terbentuk dengan pribadi yang baik, namun sebaliknya jika lingkungan itu buruk maka akan sangat berpengaruh pada pribadi seseorang. Itulah kenapa salah satu kunci keberhasilan suatu pendidikan berkaitan erat dengan lingkungan. Lingkungan pertama yang akan ditemui seorang anak adalah lingkungan keluarga, disinilah mereka pertama belajar dan mengembangkan karakternya, sebagai orang tua kita harus memberikan pola pendidikan yang baik dalam keluarga agar anak berkarakter positif, karena orang tua adalah orang yang paling dekat dan paling banyak berkomunikasi, kemudian barulah lingkungan sosial di sanalah mereka akan belajar bergaul dan belajar memahami diri sendiri dan orang lain. Mereka juga akan mengerti bagaimana membangun hubungan dengan orang lain dan lingkungannya. Jadi lingkungan yang baik dan sehat merupakan hal yang utama untuk membentuk pribadi yang positif dan mental yang sehat, lingkungan yang baik juga akan dapat memberikan pendidikan yang berkarakter yang menjadikan kita bangsa yang hebat.