Pengertian Las MIG

 artikel, Fabrikasi
loading...

Dalam las logam mulia, kawat las pengisi yang juga berfungsi sebagai elektroda diumpamakan secara terus menerus. Busus listrik terjadi antara kawat pengisi dan logam induk. Gas pellindung yang digunakan adalah gas Argon, helium atau campuran keduanya. Untuk memantapkan busur kadang-kadang ditembakkan gas O2 antara 2 sampai 5% atau CO2 anatara 5 sampai 20%. Dalam banyak hal penggunaan las MIG sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan karena sifat-sifatnya yang baik

Screenshot_241

 

Karena hal tersebut di atas, maka las MIG banyak digunakan dalam praktek terutama untuk pengelasan baja-baja kualitas tinggi seperti baja tahan karat, baja kuat dan logam-logam bukan baja yanng tidak dapat dilas dengan cara yang lain.

Las MIG biasanya dilaksanakan secara otomatik atau semi-otomatik denngan arus searah polaritas balik dan menggunakan kawat elektroda berdiameter antara 1,2 sampai 2,4 mm. Akhir-akhirr ni telah banyak digunakan las MIG dengan arus yang tinggi dan kawat elektroda dengan diameter antara 3,2 dan 6,4 mm untuk mengelas pelat-pelat aluminium yang tebal seperti yang digunakan dalam tangki penyimpanan gas alam cair. Las mig biasanya digunakan dengan kecepatan kawat eletroda yang tetap dengan cara pengumpanan tarik atau tarik-dorong.

Author: 

No Responses

Comments are closed.