Pengertian Dan Sistem Termodinamika

 artikel
loading...
Ilmu termodinamika adalah ilmu yang mempelajari hubungan panas dengan kerja. Dua karakteristiknya untuk pemahaman dasar keteknikan.Jadi jelas pengetahuan dasar termodinamika sangat penting,karena dipakai untuk menganalisis kondisi operasi berbagai alat atau mesin yang berhubungan dengan panas dan kerja.
Sistem termodinamika 

Untuk menganalisis mesin-mesin panas atau mesin-mesin fluida,mesin-mesin tersebut disebut dengan benda kerja. Fluida atau zat alir yang dipakai pada benda kerja disebut dengan fluida kerja.Sebagai contoh untuk pompa sebagai benda kerja, fluida kerjanya adalah zat cair (air,oli),sedangkan kompresor,fluida kerjanya adalah udara Untuk membedakan benda kerja dengan lingkungan sekitarnya,benda kerja sering disebut dengan sistem,yaitu setiap bagian tertentu yang volume dan batasnya tidak perlu tetap dimana perpindahan dan konversi energi atau massa akan dianalisis.

Adapun istilah-istilah yangsering disebut adalah sebagai berikut:
  • Batas sistem adalah garis imajiner yang membatasi sistem dengan Lingkungannya
  • Sistem tertutup yaitu apabila sistem dan lingkungannya tidak terjadi pertukaran energi atau massa, dengan kata lain energi atau massa tidak melewati batas-batas sistem.
  • Sistem terbuka yaitu apabila energi dan massa dapat melintasi atau melewati batas-batas sistem.Sistem dengan lingkungannya ada interaksi




Author: 

No Responses

Comments are closed.