Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mata Pelajaran Cad Di Smk Muhammadiyah Prambanan

 artikel, Skripsi
loading...
                                                                     ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis web dengan materi Autodesk Inventor 2012 dalam haltampilan, isi, bahasa dan interaktivitasberdasarkan tinjauan dosen, penilaian guru dan tanggapan dari siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model 4-D. Terdapat empat tahapan dalam penelitian ini yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Pertama, pengumpulan referensi untuk penyusunan media pembelajaran. Kedua, penyusunan kerangka isi media pembelajaran. Ketiga, pembuatan media pembelajaran berbasis webdengan menggunakan program Joomla. Keempat, penilaian media pembelajaran oleh 3 guru CAD dan 10 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Data hasil penilaian dari guru dan siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara persentase. Kelima, revisi dan masukan reviewer digunakan untuk perbaikan media pembelajaran. Media pembelajaran siap disebarluaskan secara online.
Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis webdengan materi Autodesk Inventor 2012 yang dapat diakses melalui internet dengan alamat www.elearning.unycommunity.com. Berdasarkan tanggapan dan penilaian reviewerterhadap web, diperoleh hasil yang dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa web dengan materi Autodesk Inventor 2012 dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri bagi siswa SMK.
Kata kunci : Autodesk Inventor 2012, Media Pembelajaran, Pengembangan, Web
Jika butuh file komplitnya silahkan hubungi Admin

http://www.teknikmesin.net/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Author: 

No Responses

Comments are closed.