Penerapan K3 Bidang Pesawat Uap dan Bejana Tekan

 K3
loading...
Berdasarkan Undang-Undang Uap Tahun 1930 pasal 12, pesawat uap harus dilengkapi dengan alat pengaman yang disesuaikan dengan penggolongan ketel uapnya.Dengan adanya alat pengaman,maka pesawat ketel uap yang dioperasikan akan amanbagi operator maupun lingkungannya.
Perlengkapan ketel uap seperti yang disyaratkan dalam Undang Undang Uap terdiri dari:
  1. Katup Pengaman (Safety Valve) Alat ini berfungsi untuk menyalurkan tekanan yang melebihi kapasitas tekanan ketel. Apabila tidak ada katu pengaman, ketel  dapat meledak karena adanyanya tekanan lebih yang tidak mampu ditahan ketel.
  2. Manometer (Pressure Gauge) Alat ini berfungsi untuk mengetahui tekanan yang ada dalam ketel uap dan tekanan kerja yang diijinkan dari ketel      uap harus dinyatakan dengan garis merah.
  3. Gelas Praduga (Water Level) Alat ini berfungsi untuk mengetahui kedudukan permukaan air dalam ketel uap.
  4. Suling Tanda bahayaAlat ini berfungsi untuk memberi isyarat suara apabila air di dalam ketel melampaui batas terendah yang ditentukan.
  5. Keran Pembuang (Blow Down)Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan kotoran berupa lumpur, lemak, dan kotoran lain dari dala ketel. Yang perlu diperhatikan adalah pada waktu membuka keran ini, ketel pada kondisi tekanan dan suhu yang sudah rendah serta pembukaan dilakukan secara perlahan-lahan.
  6. Lubang PembersihLubang pembersih berguna bagi petugas pemeriksa/pembersih ketel uap dalam membersihkan atau mengeluarkan kotorankotoran dari dalam ketel.




Author: 

No Responses

Comments are closed.