Pendidikan Vokasi di Singapura

Pendidikan kerjuruan di singapura dikenal karena tingkat keunggulannya di bidang matematika dan sains. Pendidikan kejuruan di Singapura dikonsolidasikan di bawah Institute of Technical Education (ITE). ITE didirikan sebagai lembaga pendidikan pasca sekolah menengah pada tahun 1992 dan berada di bawah Kementerian pendidikan.

ITE mengisi kesenjangan antara sekolah menengah dan politeknik berbeda dengan di Indonesia yang setelah sekolah menengah tidak memiliki pendidikan yang menengahi antara pendidikan menengah dan politeknik kecuali sekolah menengah kejuruan atau SMK.

Pendidikan teknik dan vokasional memperoleh tempat dalam masyarakat. Pendidikan ini merupakan indikator penting bahwa Singapore mengarah pada proses modernisasi. Kemudian, pendidikan bagi orang dewasa merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan Singapore. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas orang-orang dalam masyarakat dan secara langsung akan menumbang pada pengembangan sosio ekonomis penduduk.

Untuk memperoleh guru-guru yang bermutu maka pemerintah mendorong lulusan sekolah menengah yang berbakat untuk memasuki lembaga pendidikan guru. Hal ini juga terdapat perbedaan persepsi dimana kalau di Indonesia, para pelajar, apalagi yang berotak cerdas, kurang terosebsi untuk menjadi guru, kecuali berlomba untuk memperoleh pendidikan di universitas bergengsi di Pulau Jawa.

Guru-guru di Singapura, sekolah dasar dan sekolah menengah, memperoleh pelatihan dan juga pendidikan di universitas, program pasca sarjana dan junior college. Sekolah sekolah sangat memperhatikan kegiatan ekstra kurikuler seperti organisasi murid (osis), event olah raga, study tour, dan sebagainya. Pada sekolah menengah ada mata pelajaran wajib dan mata pelajaran elektif.

Tentang kurikulum dan metodologi pengajaran di Singapore, berpikir bahwa  pendidik selalu mengembangkan inovasi baru. Maka muncullah kurikulum terintegrasi (integrated curriculum), metode mengajar yag berpusat pada siswa (student centered teaching method), pengajaran atas dasar kemampuan dan minat individu (individualized instruction), dan sekolah alternatif.

Landscape pendidikan vokasi di Singapura

Diadaptasi dari Education Statistics Digest 2019,Ministry of Education Singapura