Pemotongan Dengan Mesin Gunting

 artikel
loading...

Mesin gunting putar ini mempunyai prinsip pemotongan yang sama dengan mesin gullotine, tetapi pada mesin gunting putar ini pisau pemotong pelat berbentuk bulat dan mempunyai sudut pemotongan. Pisau gunting putar ini keduanya saling berputar sewaktu berlangsungnya proses pemotongan. Salah satu keuntungan mesin gunting putar ini dapat memotong pelat sepanjang pemotongan yang dikehendaki. Jenis mesin gunting putar ini terdiri dari dua jenis menurut penggerak pemutar pisau, yakni digerakkan secara manual dan digerakkan dengan motor listrik. Prinsip pemotongan mesin gunting putar ini adalah seperti gambar berikut:

Mesin Gunting Putar

Mesin Gunting Putar

Ditinjau dari hasil pemotongan yang dikehendaki mesin gunting putar ini ada 2 tipe yakni mesin gunting lurus dan mesin gunting putar lingkaran. Contoh mesin gunting putar lingkaran ini dapat dilihat pada gambar berikut. Pada mesin gunting putar lingkaran ini dilengkapi oleh pendukung titik pusat dari lingkaran pelat yang dipotong.

Mesin Pemotongan Melingkar

Mesin Pemotongan Melingkar

Mesin potong melingkar digunakan untuk pemotongan pelat-pelat yang berbentuk lingkaran. Besarnya lingkaran pemotongan ini dapat diatur sesuai dengan jarak center dengan mata pisau pemotong. Penggunaan mesin potong ini tidak hanya digunakan untuk pemotongan lingkaran tetapi dapat juga digunakan untuk pemotongan profil yang membentuk kurva tertentu.

Author: 

No Responses

Comments are closed.