Pemotong ulir luar (snei)

 artikel, kerja bangku
loading...

Alat pemotong ulir luar (snei) dan pemotong ulir dalam (Tap) dibuat dari baja karbon tinggi atau baja kecepatan tinggi (HSS), snei digunakan untuk membuat/memotong ulir luar pada batang silindris dan tap untuk ulir dalam. Salah satu macam snei ialah suatu cakram dengan lubang berulir ditengah (pusat). Awal ulir pada kedua sisinya dichamper sehingga membentuk tirus, untuk memusatkan alat pemotong ulir tersebut pada benda kerja dan mempercepat proses pemotongan. Lubang-lubang yang seragam, sejajar dengan sumbu ulir dan berhenti di bagian ulir, menimbulkan sisi-sisi potong, alur-alur pemotong beram dan ruang untuk membuang beram.

Screenshot_215

Alat pemotong ulir ini dibelah pada satu tempat untuk memungkinkan pengaturan lebarnya secara terbatas. Pemotong ulir ini di sekelilingnya dilengkapi dengan lubang-lubang penyetel yang berbentuk kerucut untuk mengatur pemotong ulir dalam tangkai alat pemotong ulir.

Tangkai snei digunakan untuk memegang snei dan memutarnya. Tangkai itu dilengkapi dengan empat/lima baut yang runcing ujungnya. Baut penahan (di tangkai yang besar dua baut) membantu penempatan snei pada tangkainya. Baut pusat dengan ujung 60o digunakan untuk membuka pemotong secara ringan sedang dua lainnya digunakan untuk mengunci pemotong dalam pemotongan. Jika baut-baut dikeraskan terlalu kuat pemotongan ulir akan patah. Pada pemotongan tertutup, semua baut digunakan untuk menahan pemotong.

Author: 

No Responses

Comments are closed.