Pemeriksaan Coolant & Pengujian Konsentrasi

 artikel
loading...

Konsentrasi coolant pada system pendingin lama – lama akan berkurang oleh sebab itu dibutuhkan pengetesan secara rutin untuk mengetahui konsentrasi pada coolant. Coolant additive harus ditambahkan untuk menjaga konsentrasi coolant.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan concentrated liquid, pre-mixed coolant atau water filter replacement unit tergantung jenis coolant yang dipakai pada system pendingin. Rekomendasi untuk penggunaan coolant concentration test kits harus mengacu pada rekomendasi pabrik pembuat engine. Pemeriksaan secara visual harus selalu dilakukan terhadap coolant di dalam system pendingin.

Air Flow Indicator Group

Air Flow Indicator Group

Beberapa manufaktur menggunakan special paper test strips yang dicelupkan ke dalam coolant kemudian perubahan warna yang terjadi pada special paper test strips dibandingkan dengan master sheet yang akan menunjukkan tingkat konsentrasi pada coolant yang sedang di test.

Tes ini mampu mencakup kedua level anti-freeze dan level pelindung korosi/kavitasi. Level anti-freeze juga dicek dengan refractometer atau coolant hydrometer. Konsentrasi perlindungan terhadap korosi dan kavitasi juga dapat diukur dengan specific chemical test kit. Coolant yang akan di test diletakkan pada sebuah test tube.

Kemudian coolant pada tabung tersebut diberi tetesan kimia yang akan menyebabkan coolant tersebut berubah warna. Banyaknya tetesan akan menunjukkan konsentrasi pada coolant dan tindakan apa yang harus dilakukan dengan mengacu pada master chart.

Selalu:

  •  Gunakan test kit dan lakukan prosedur yang sesuai dengan yang di rekomendasikan oleh Caterpillar.
  • Gunakan coolant sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Caterpillar.

 

  • Mencampur coolant manufaktur engine yang berbeda atau penyaring air.
  • Menambahkan konsentrasi additives yang berlebihan sebagai langkah antisipasi penurunan level pelindung yang terjadi di kemudian hari.

Author: 

No Responses

Comments are closed.