Pembersihan Bagian Luar Folded Core Radiator

 artikel
loading...

Meskipun Folded Core Radiator terlihat berbeda dari core radiator standar, prinsip pendinginan dan pembersihannya sama saja. Tindakan pencegahan yang sama dengan radiator standar yang harus digunakan pada folded core radiator. Sebagai contoh, pada aplikasi perkayuan, pelindung engine harus digunakan dan terjaga perbaikannya dengan baik.

Untuk machine yang digunakan di aplikasi yang berdebu, radiator harus disemprot pada jangka waktu yang teratur. Radiator mudah mengalami sumbatan pada aplikasi tertentu dan tindakan pemeliharaan harus diatur untuk kondisi ini. Sebagaimana core standar, pemeliharaan yang masuk akal harus tetap dijalankan.

Folded Core radiator

Udara bertekanan, air bertekanan tinggi dan steam adalah tiga pembersih kelas medium yang dianjurkan dimana dapat digunakan untuk membersihkan core radiator ini. Untuk debu, dedaunan, dan kotoran pada umumnya, metode yang manapun bisa digunakan. Namun, penggunaan udara bertekanan lebih dianjurkan. Hasil yang dapat diterima akan didapat dengan membuka jeruji bagian depan dan mengarahkan media pembersih dengan sudut yang tepat ke bagian depan masing-masing permukaan core. Gerakkan nozzle dari bagian tengan menuju bagian atas di tiap-tiap core, dilakukan dari belakang vee, dan kemudian kembali lagi ke depan vee. Gerakkan melintasi seluruh permukaan tiap core dan kemudian lakukan pada setengah bagian bawahnya.

Pada kondisi lapangan dan setelah core mendapatkan pembersihan menyeluruh (sikat, air, dll.), start dan hangatkan engine, dan akselerasikan ke high idle beberapa kali atau sampai kotoran yang lepas tidak tersembur keluar lagi dari core. Stop engine dan periksa kembali permukaan core. Waktu pemeriksaan bisa lebih pendek pada langkah kedua ini. Start engine kembali dan akselerasikan ke high idle beberapa kali.

Sebuah metode untuk meningkatkan kecepatan aliran udara yaitu meletakkan sepotong kayu lapis pada tiga bagian terbawah dari radiator. Letakkan kayu lapis di antara jeruji dan radiator ke arah bagian bawah core. Kayu lapis tersebut kemungkinan perlu diikat dengan kawat pada tempatnya. Start dan akselerasikan engine beberapa kali atau sampai kotoran berhenti terbuang. Stop engine dan kemudian posisikan ulang kembali kayu lapis ke arah bagian atas core. Ulangi proses pengakselerasian engine. Penambahan kecepatan aliran udara akan membantu dalam membuang kotoran di antara fin. Jika steam atau air digunakan, lanjutkan mengoperasikan engine sampai core panas dan tidak lagi air yang menguap dari fin. Machine kemudian sudah siap untuk digunakan.

Jika ditemui oli, getah atau lumpur, maka dibutuhkan prosedur pembersihan yang berbeda. Oli dan getah dapat dibersihkan dari core menggunakan degreaser yang ada di pasaran. Degreaser harus diberikan di kedua sisi permukaan core, khususnya area sumbatan yang terlihat. Biarkan tetap basah selama minimum lima menit dan kemudian cuci core. Gunakan air bertekanan yang panas dan sedikit deterjen. Pusatkan upaya pembersihan pada area yang terkena oli dan getah, dilakukan dari kedua sisi core. Pastikan mencuci area tiap ujung masing-masing core di seputar seal. Oli yang berlebihan di area ini dapat merusak seal. Setelah pencucian, bilas core dengan air panas.

Author: 

No Responses

Comments are closed.