Pembentangan praktis

 artikel
loading...

Dalam banyak gambar industri, gambar bentangan harus diperlihatkan untuk meyediakan informasi yang perlu guna membuat pola untuk memudahkan memotong bentuk yang diinginkan dari logam lembaran. Disebabkan oleh kemajuan cepat dalam keahlian mengolah benda kerja dengan melipat, menggilas atau menfreis bentuk logam yang dipotong dalam  jumlah yang terus menerus meningkat, maka harus ada  pengetahuan luas tentang metoda konstruksi banyak macam  tipe pembentangan. Pola juga dipakai dalam pemotongan batu  sebagai pedoman untuk membentuk muka yang tak teratur.

Screenshot_7

Gambar bentangan permukaan hendaknya digambar dengan  muka dalam menengadah, sebagaimana menurut teori hal itu  akan terjadi apabila permukaan dibuka gulungannya (unrolled)  atau dibuka lipatannya (unfold), seperti dilukiskan dalam gambar  diatas. kebiasaan ini selanjutnya dibenarkan, sebab para pekarja  logam lembaran harus membuat tanda pons untuk melipat pada  permukaan dalam.

Sekalipun dalam pengolahannya nyata logam lembaran, ekstra  logam harus disediakan untuk tumpangan (lap) pada kampuh,  namun dalam bab ini tidak akan diperlihatkan tenggang  (allowance) pada gambar bentangan. Juga banyak  dipertimbangkan praktis lainnya telah diabaikan dengan sengaja,  guna menghindari bingungnya mereka yang baru mulai.

Author: 

No Responses

Comments are closed.