Operasi dapur tinggi

 artikel
loading...

Bahan-bahan yang akan diolah dalam dapur tinggi, dimasukkan (dituangkan) secara berlarut-larut dan teratur yaitu bahan bakar besi dan berikutnya bahan tambahan, sehingga di dalam dapur tinggi terdapat muatan yang berlapis-lapis. Setelah dalam dapur tinggi diberi pemanasan dan dibantu dengan udara panas yang dihembuskan lewat pipa-pipa udara yang dipasang disekeliling tungku dapur. Dengan pemanasan tersebut mulailah arang kokas terbakar, hingga menjadi coal monoxide (CO). gas ini mengalir melalui biji-biji besi, naik ke atas dan bersenyawa dengan zat asam yang ada di dalam besi itu sendiri sehingga terjadilah persenyawaan coal dioxyde (CO2) yaitu :

Fe + CO2 + O2 → FeO2 + CO2

Dengan perubahan CO ini disebut proses reduksi di dalam pelebur besi cair. Dalam hal ini ikatan besi telah dibersihkan dari zat asam, tetapi mengambil zat arang (C) dari arang kokas. Pada pelapisan arang kokas dioksida (CO2) ini diubah menjadi karbon monoksida (CO) lagi.

Sekarang karbon monoksida (CO) naik ke atas melalui biji-biji besi, maka monoksida ini akan mengambil zat asam yang ada dalam besi, sehingga jadi lagi karbon dioksida (CO2), sedangkan besinya mengambil zat arang dari arang kokas dari arang kokas dalam pembakaran. Proses semacam ini terjadi pada suhu 8000C sedangkan gas-gas yang keluar dari dapur tinggi, mengalir ke tempat pembersih gas dengan suhu 3000C dan dari sini dialirkan ke pesawat pembawa cowper. Besi yang sudah cair menetes ke bawah diselimuti oleh lapisan tempat yang berkumpul di dalam tungku, sedangkan teraknya terapung diatas cairan besi.

Terak cair ini berguna pula untuk melindungi besi cair terhadap pengaruh udara. Di bagian bawah kaki tungku terdapat lubang terak dan lubang besi cair. Sebelum besi cair dikeluarkan maka teraknya harus dikeluarkan lebih dahulu sampai bersih. Banyaknya zat arang yang diambil oleh tiap 100 kg mengandung 2,5 – 4,5% C. Zat arang ini dibutuhkan dalam besi teknik karena dengan pengurangan kadar zat arang kita dapat membuat baja perkakas, baja konstruksi dan baja tuang. Pembuatan bahanbahan semacam ini dapat dilakukan dalam dapur-dapur yang tersendiri. Gas dapur tinggi selain dipakai untuk pemanas udara bakar dapat juga dipakai untuk menggerakkan motor-motor gas atau turbin gas, sebagai pesawat pembantu dari perusahaan dapur tinggi.

Author: 

No Responses

Comments are closed.