Open Loop Control dan Close Loop Control CNC

 artikel
loading...

1. Sistem Kontrol Terbuka (Open Loop Control)
Pada sistem pengontrolan terbuka, motor penggerak (biasanya motor step) akan menggerakkan bagian yang digerakkan sesuai dengan perintah. Motor akan mulai berputar bila pulsa-perintah (command pulse) diberikan dan berhenti bila pulsa tersebut tidak ada lagi. Jarak yang ditempuh ditentukan oleh:

  1. Jumlah pulsa yang diberikan
  2. Kepekaan (sensitivity) sistem pengontrolan
    Kepekaan sistem pengontrolan dipengaruhi oleh karakteristik motor step, yaitu rasio antara satuan pulsa (input) terhadap satuan gerakan (output) atau putaran per pulsa, dan rasio transmisi sistem penggerak dari motor sampai komponen yang digerakkan.

Kecepatan gerakan ditentukan oleh frekuensi pulsa dan dibatasi sampai dengan kecepatan maksimum sesuai dengan daerah kerja motor step (max. pps, pulse per second). Pada umumnya daya motor step adalah rendah, kurang dari 1 KW, sehingga pemakaiannya pun terbatas. Sistem kontrol terbuka dengan menggunakan motor step merupakan cara yang murah dan mudah dilaksanakan akan tetapi tidak selalu merupakan cara yang terbaik. Karena merupakan loop control yang terbuka maka sistem pengontrolan mudah dipengaruhi oleh ”gangguan luar” dengan demikian ketelitian gerakan (kesalahan jarak/pemosisian) juga terpengaruh.

2. Sistem Kontrol Tertutup (Close Loop Control)
Ketidaktepatan jarak atau posisi akhir dari elemen yang digerakkan karena adanya gangguan dari luar dapat diperkecil dengan menerapkan sistem kontrol tertutup, lihat Gambar

sistem kontrol

Sistem kontrol terbuka dan sistem kontrol tertutup yang diterapkan untuk mengontrol sumbu mesin perkakas

Dalam sistem kontrol tertutup digunakan alat ukur posisi yang mampu memberikan umpan balik (feed-back) mengenai posisi akhir komponen yang digerakkan. Dengan membandingkan sinyal umpan balik dengan sinyal referensi maka koreksi dapat dilakukan dan motor dapat diperintah untuk digerakkan lagi (plus atau minus) sampai posisi yang dimaksud telah tercapai. Motor penggerak pada sistem kontrol tertutup umumnya menggunakan motor servo.

Author: 

No Responses

Comments are closed.