Nyala Oksidasi

 artikel, Fabrikasi
loading...

Nyala oksidasi adalah nyala pembakaran yang terjadi dengan jumlah pencampuran gas yang tidak seimbang. Nyala ini dihasilkan dengan perbandingan volume zat asam lebih banyak dari volume asetilen. Reaksi yang terjadi dalam hal kelebihan oksigen adalah:

C2H2 + 3 O2 ——– 2 CO2 + 2 H2O + Panas

Nyala oksidasi dapat dikenal dengan bentuk inti nyala pendek, tajam dan tidak begitu jelas. Nyala luar juga kelihatannya pendek dikarenakan oleh oksidasi yang kuat. Tanda-tanda lain yang dimilikinya adalah dengan adanya suara khusus yang mendesis Nyala oksidasi dapat menyebabkan cairan logam mendidih dan memercik. Penambahan oksigen kedalam nyala dapat menyebabkan logam terbakar dan menghasilkan las getas atau pemisahan bagian logam.

nyala oksidasi oaw

Cara Memperoleh Nyala Oksidasi
Nyala netral merupakan dasar bagi perolehan nyala lainnya. Justru itu untuk memperoleh nyala oksidasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyetel nyala api netral. Selanjutnya tambahkan volume pengeluaran oksigen dengan memutar katup oksigen pada brander, sehingga nyala yang diperoleh memiliki bentuk dan ciri-cirinya.

Penggunaan Nyala Oksidasi
Nyala oksidasi dapat digunakan untuk mengelas tembaga dan las kuningan (brazing). Selain itu umumnya nyala ini digunakan untuk proses pemotongan

Author: 

No Responses

Comments are closed.