Model torak atau piston

 artikel
loading...

Torak adalah komponen mesin yang paling pertama menerima energi dari pembakaran. Energi tersebut kemudian diteruskan denagn batang torak. Sambungan antara torak dengan batang torak digunakan pen torak. Posisi sambungan antara torak dengan batang torak dengan pen torak diusahakan tidak pada satu garis dengan posisi poros engkol (offset engine), kalau kondisi ini tidak dicermati mengakibatkan gaya dorong dari pergerakan torak akan besar di dinding dan dapat meyebabkan dinding aus sebagian.

Model torak atau piston

Berbagai model torak dikembangkan untuk menaikkan unjuk kerjadari torak. Material torak yang digunakan harus ringan, mampu beroperasi pada beban tinggi dan konduktivitasnya harus baik. Adapun contoh model-model torak yang banyak digunakan sebagai berikut.

A. Model split piston
Torak model ini dilengkapi dengan parit-parit bentuk T dan U untuk menampung ekspansi panas dan membentuk celah sisi.

B. Torak model selop
Torak model ini dipotong bagian bawahnya untuk mengurangi berat dan mengurangi gesekan.

C. Torak model autotermis
Pada bagian atas dibagian dalam piston terdapat plat baja yang mempunyai pemuaian yang rendah, hal ini untuk mengatasi perubahan
bentuk yang disebakan panas.

D. Torak lonjong (oval piston)
Diameter torak pada bagian bos pena torak dibuat lebih kecil sehingga piston kelihatan berbentuk oval. Dengan bentuk oval, apabila torak kena panas diameternya akan sama pada setiap sisinya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.