Metode sampling valve

 artikel
loading...

Metode sampling valve merupakan metode pengambilan sample oil  dari sampling valve yang dipasang pada sistem yang bertekanan.

Sampling Valve

Prosedur pengambilan sample oil menggunakan metode ini adalah :

  1. Menggunakan sampling bottle, sampling probe & tubing dan  probe holder.
  2. Selalu lakukan pengambilan sample mulai dari system yang paling  bersih terlebih dahulu seperti hydraulic, transmisi dan engine  dan lakukan pengambilan sample sewaktu oil masih panas.
  3. Jangan menggunakan sampling probe yang sama untuk setiap  jenis oil dan tubing harus selalu baru untuk masing-masing  pengambilan.
  4. Isi label botol SOS dengan lengkap sebelum memulai pengambilan  sample.
  5. Operasikan alat selama lima belas menit sehingga oil mengalir kesemua tempat pada sistem dan turunkan RPM engine ke low idle, buka dust cup
    sampling valve dan bersihkan sekelilingnya. Hal ini dilakukan untuk  mendapatkan sample yang betul betul mewakili kondisi sebenarnya.
  6. Tekan probe ke sampling valve dan tampung sekitar 100 ml oil ke tempat oil  bekas seperti gambar diatas, Apabila oil tidak keluar pada kondisi low idle  maka dibutuhkan orang lain untuk menaikkan sedikit putaran engine hingga  oil keluar. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan oil betul betul terbebas  dari contaminant yang mengendap pada valve dan mendapatkan sample  yang representative.
  7. Tekan kembali probe pada sampling valve dan isi botol hingga tiga  perempat bagian, jangan sampai penuh dan jangan biarkan masuknya debu atau kotoran ke dalam botol atau tutupnya.
  8. Lepas tubing dan pasang tutup botol, kemudian pasang label yang sudah  disiapkan sebelumnya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.