Metode penggerindaan

 artikel
loading...

Pada proses kerja pemesinan gerinda datar, ada dua metode penggerindaan yang sering dilakukan. Selain dirasa lebih efisien, metode tersebut juga mempermudah operator mesin dalam mensetting pergerakan mesin, selain itu kedua metode tersebut secara teoritis juga disesuaikan dengan bentuk (contour) dari benda kerja Adapun metode penggerindaan yang sering digunakan sebagai berikut.

Mesin gerinda silindris

Mesin gerinda silindris

1. Penggerindaan keliling
Metode penggerindaan ini sangat cocok untuk penggerindaan permukaan, alur dan pasak. Dengan metode penggerindaan keliling ini, sebelum mesin kita jalankan, kita perlu mengatur langkah pergerakan mesin. Langkah pergerakan mesin bisa kita atur dengan cara sebagai berikut.

  • Pengaturan langkah meja pada penggerindaan keliling Pengaturan langkah meja adalah menentukan jarak gerakan memanjang meja, yaitu jarak bebas sebelum proses pemakanan benda kerja dan jarak setelah pemakanan benda kerja.
  • Pengaturan langkah gerak melintang.Pengaturan langkah gerak melintang meja adalah menentukan jarak gerakan melintang meja, yaitu jarak bebas sebelum proses pemakanan benda kerja dan jarak setelah pemakanan benda kerja.

2. Penggerindaan muka (depan)
Penggerindaan muka/depan memiliki keuntungan lebih jika dibandingkan dengan penggerindaan keliling. Penggerindaan muka secara teoritis memiliki waktu mesin yang lebih cepat dibandingkan penggerindaan keliling.

Author: 

41 Responses

Comments are closed.