Metode Pendinginan Udara Fan flywheel

 artikel
loading...

Pada engine yang berukuran kecil dan multi-cylinder engine, fan flywheel digunakan untuk mendorong udara melewati saluran khusus pada cylinder head assembly. Pada engine besar (4 sampai dengan 8 cylinder), pendinginan engine menggunakan high-speed axial- flow fan dengan desain saluran yang khusus dimana konsentrasi aliran udara mengalir melalui daerah kritikal yang panas dari engine.

Fan flywheel

Temperatur kerja beberapa engine Deutz disesuaikan dengan penggunaan variable speed cooling fan. Dengan jenis desain ini, sebagian udara pendingin melewati engine secara langsung tergantung dari temperatur engine. Cooling fan digerakkan oleh timing gear melalui hydraulic coupling yang kecepatannya dikontrol secara otomatis. Sebuah electronic engine temperatur controller akan mendeteksi engine temperatur dan jika diperlukan sejumlah oil dapat dialirkan dengan bervariasi ke hydraulic coupling untuk merubah kecepatan. Oleh sebab itu cooling fan speed dikontrol oleh temperatur kerja engine yang sesuai dengan beban engine.

Selama melakukan pemanasan engine, temperatur cylinder head dan temperatur oli engine dimonitor oleh electronic controller yang akan mengurangi aliran oli ke fan hydraulic coupling. Hasil ini pada kecepatan fan yang rendah yang akan membantu engine mencapai temperatur kerja yang tepat dengan cepat. Setelah temperatur kerja yang sesuai tercapai, maka sebagian udara pendingin yang diperlukan secara langsung didasarkan pada temperatur kerja engine. Maka dari itu engine tidak perlu membuang energi untuk memutar cooling fan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.