Metoda pemasangan benda kerja dengan face plate

 artikel, Mesin Bubut
loading...

Face plate diperlukan untuk memegang benda kerja, dimana benda kerja tidak dimungkinkan dipegang dengan menggunakan chuck karena alasan seperti bentuk dan ukurannya sehingga penggunaan face plate merupakan cara yang dianggap paling tepat. Dalam penggunaannya face plate ini akan tetap memperhatikan pedoman pemasangan serta penyetelan, sebagaimnana yang telah dilakukan proses pemasangan dan penyetelan benda kerja tidak beraturan.

Screenshot_148

Metoda pemasangan benda kerja dengan face plate adalah sebagai berikut:

Benda kerja diklem secara langsung pada face plate Untuk pemasangan benda kerja ini sebaiknya benda kerja dikbubut terlebih dahulu permukaannya (Facing), hal ini dilakukan pada bahan yang mungkin dipasang secara langsung pada face plate. Proses ini harus meyakinkan bahwa berbagai operasi pembubutan akan dapat dilakukan. Pemasangan dibantu dengan ganjal paralle plates. memperlihatkan produk penuangan (casting) yang dipasang dengan clamp secara langsung pada face plate.

Sebagai contoh lainnya dimana benda kerja dijepit (di Clamp) secara langsung pada face plate ini. Dalam proses ini dimana member of cone cluth benda kerja diset terlebih dahulu yang kemudian akan dibubut dan dibor secara akurat pada permukaan bagian konisnya Baut penyetel digunakan untuk menjepit dan memberikan tekanan pada benda kerja melalui Clamp. Selanjutnya bagian dari klem itu sendiri tidak boleh tergeser selama proses penyetelan dalam penjepitan. Demikian pula dengan Clamp tersebut tidak boleh mengubah posisi benda kerja. Jika terjadi hal yang membahayakan maka harus diganti dengan klem khusus.

Untuk menyetel kedudukan casting atau benda kerja dengan bentuk eksentrik seperti diperlihatkan pada gambar 9.29, dapat dilakukan dengan langkah penyetelan sebagai berikut :

  • Tempatkan face plate pada meja kerja menghadap ke atas,bersihkan permukaan face plat dimana benda kerja akan ditempatkan dari kotoran dan debu.
  • Tempatkan benda kerja diatas Parallel strip, dengan posisi pendekatan pada posisi yang diinginkan diatas face plate.
  • Kedudukan lubang pengeboran dari benda kerja mendekati titik sumbu face plate, dengan menggunakan surface gauge atau pelengkapan yang sesuai lakukan pengukuran dari bagian luar face plate.
  • Lakukan penjepitan ringan pada benda kerja. Hindari pemakaian
    baut yang terlalu panjang dari panjang yang diinginkan, kemudian
    jepit benda kerja dengan clamp diatas parallel strips

Author: 

No Responses

Comments are closed.