Meter in

 artikel
loading...
Meter in Adalah suatu sistem hidrolik dimana input sistem tersebut harus diatur jumlah aliran fluidanya, agar tidak membahayakan sistem hidrolik tersebut.
Keterangan prinsip operasi meter in
Pada rangkaian meter in, kontrol aliran ( flow control) dipasang sebelum fluida masuk ke silinder (flow control dipasang diantara aktuator dan pompa hidrolik).Sehingga disini fluida yang akan masuk kedalam aktuator akanberkurang misalnya fluida yang keluar dari pompa sebesar 5 galon per menit, maka oleh flow kontrol yang dialirkan menuju ke aktuator menjadi 3 galon per menit, Sedangkan yang 2 galon dialirkan kembali menuju reservoir melalui relief valve (lihat gambar). Sehingga tekanan kerja yang berasal dari directional control valve cukup besar dapat diatur (diturunkan) melalui control valve ini, dan akibatnya gerakan aktuator pun terkontrol dengan baik.
Keuntungan rangkaian meter in
Pada rangkaian ini gerakan silinder dapat diatur dengan baik oleh flow control valve, disamping itu pula tekanan fluida yang masuk ke aktuator tidak terlalu besar hal ini disebabkan sebagian tekanan fluida dialirkan
kembali ke reservoir melalui relief valve. Kekurangan dari meter in adalah bahwa beban dapat bergeser karena tidak ada penahan pada aliran ke luar.

Author: 

591 Responses

Comments are closed.