Menyetempel Benda Kerja

 artikel, kerja bangku
loading...

Fungsi Stempel
Stempel terbuat dari baja paduan yang tidak dikeraskan karena sifatnya harus ulet (tought) dan cukup keras bisa mengalahkan benda yang distempel. Stempel digunakan untuk menandai/memberi identitas suatu produk/benda kerja yang terbuat dari logam. Namun demikian produk/ benda kerja yang terbuat dari logam digunakan pada logam yang keras.

Spesifikasi
Spesifikasi stempel dibedakan menurut ukuran dan jenis huruf/angka. Jenis huruf ada yang timbul dan ada pula yang masuk. Ukuran stempel ditentukan oleh ukuran tinggi huruf/angka dan ukuran yang banyak dipakai mulai dari 2 mm sampai 10 mm.

Persiapan Benda Kerja
Penyetempelan dilakukan pada permukaan benda kerja yang lebih lunak dari stempelnya, permukaan benda kerja harus dilukis terlebih dahulu, diberi garis-garis pembantu supaya hasil penyetempelan bisa lurus.

Screenshot_103

Langkah Penyetempelan
Sebelum penyetempelan dilaksanakan, semua stempel yang akan digunakan disusun terlebih dahulu dengan susunan seperti apa adanya identitas yang akan dibuat.Selanjutnya, agar stempel bisa tepat lurus pada garis bantu yang dibuat.

Screenshot_104
Pada benda kerja, maka perlu dilakukan hal-hal berikut.

  1. Pegang dan posisikan stempel di atas benda kerja
  2. Tarik hingga terasa stempel tepat pada garis bantu, kemudian tegak berdirikan posisi stempel.
  3. Pukul stempel cukup ringan hingga huruf/angka terlihat di atas permukaan.
  4. Jika posisi huruf/angka sudah sesuai dengan yang diinginkan, letakkan kembali stempel pada posisi semula kemudian pukul secukupnya hingga angka/huruf yang dibuat memenuhi syarat.
  5. Setelah penyetempelan identitas selesai, selanjutnya ratakan permukaan dengan kikir halus hingga permukaan huruf/angka terlihat rata.

Author: 

No Responses

Comments are closed.