Menggambar kerucut dengan selinder

 artikel, Gambar teknik
loading...

Buat ketiga pandengan dari kerucut yang ditembus silinder. Silinder tersebut dibagi menjadi 12 bagian yang sama besar. Kemudian tarik garis-garis mendatar ke pandengan depan sehingga terdapat beberapa bagian yang sama (lingkaran dibagi 12 bagian yang sama besar). Guna membuka kerucut tersebut, buat lingkaran dengan jarijari salah satu sisi dari kerucut tersebut. Bagi busur tersebut menjadi 12 bagian yang sama besar dengan pembagian pada alas kerucut. Anggap kerucut berada di sebelah 01. Hubungkan titik pembagi tersebut ke titik 0. Kemudian buat busur-busur lingkaran dengan jari-jari titik 0 ke masing-masing titik perpotongan. Titik perpotongan tersebut dihubungkan satu sama lain, seperti tampak pada Gambar berikut.

Bukaan kerucut dengan silinder
Untuk mengetahui bentuk dari garis pertemuan silinder menembus kerucut dapat dilihat pada Gambar dibawah. Cara memperoleh gambar tersebut adalah sebagai berikut. Setelah menggambar ketiga buah pandengan, lingkaran yang terdapat dalam pandengan samping dibagi dalam 12 bagian yang sama. Kemudian beri nomor mulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya. Setelah itu buat lingkaran pertolongan pada penampang silinder yang terdapat pada pandengan depan. Busur tersebut dibagi menjadi 6 bagian yang sama. Buat garis horizontal dari titik 12 dihubungkan dengan 12. Kemudian titik 1-11 dengan 11 dan 1, titik 2-10 dengan 10 dan 2, titik 3-9 dengan 9 dan 3, demikian seterusnya. Garis-garis tersebut berpotongan dengan kerucut di a, b, c, d, e, f, dan g.

Bukaan kerucut

Bukaan kerucut dengan silinder

Dalam pandengan atas dibuat busur lingkaran pada silinder, kemudian dibagi 6 bagian yang sama pula. Buat lingkaranlingkaran dengan jari-jari dari sumbu tegak ke titik-titik potong, sehingga akan diperoleh lingkaran 12, 1-11, 2-10, 3-9, 4-8, 5-7, dan lingkaran 6. Titik yang terdapat pada busur lingkaran dihubungkan dengan lingkaran-lingkaran. Titik 9 harus dihubungkan dengan lingkaran 9, titik 10 dihubungkan dengan lingkaran 10, titik 11 dihubungkan dengan lingkaran 11, dan seterusnya. Apabila titik potong tersebut dihubungkan maka garis tersebut adalah garis pertemuan dari silinder dengan lingkaran. Dengan cara yang sama kita rriendapatkan garis pertemuan yang terdapat pada pandengan depan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.